XL Operasikan 12 BTS Mobile di IKN
XL Operasikan 12 BTS Mobile di IKN
Pemerintah berencana menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke- 79 di Bunda Kota Nusantara. Buat mempersiapkan kedatangan banyak orang ke kawasan IKN di Kalimantan Timur, industri telekomunikasi XL Axiata ikut meningkatkan serta menguatkan infrastruktur jaringannya di kawasan tersebut.
Upaya ini sekalian ialah jawaban XL Axiata atas lonjakan trafik layanan di kawasan Kalimantan yang saat ini menggapai 300 persen, dalam setahun terakhir
Direktur& Chief Technology Officer XL Axiata menarangkan, pembangunan yang makin intensif di kawasan IKN ikut mendesak kebutuhan hendak jaringan telekomunikasi yang andal.
” Trafik layanan XL Axiata bertambah signifikan, sampai lebih dari 300 persen dalam setahun terakhir. Oleh sebab itu, kami fokus pada kenaikan mutu jaringan, baik di dalam zona inti IKN ataupun di lokasi- lokasi strategis semacam infrastruktur jalur tol, lapangan terbang, rumah sakit, serta sarana pendukung yang lain,” kata Gede, sebagaimana dilansir dari siaran pers XL Axiata, Jumat( 9/ 8/ 2024).
Terpaut peringatan Hari Ulang Tahun RI ke- 79 yang diselenggarakan di IKN pada 17 Agustus mendatang, bagi Gede, XL Axiata sudah menaikkan 3 unit Mobile BTS( MBTS) di dekat posisi upacara.
Akumulasi ini dicoba buat membenarkan kelancaran konektivitas sepanjang kegiatan berlangsung, dengan koordinasi bersama pihak Otorita IKN.
Dikala ini, total terdapat 12 BTS yang sudah dioperasikan oleh XL Axiata di zona ring 1 IKN Nusantara, tercantum infrastruktur di Swissotel Nusantara.
BTS XL di Daerah Penyangga IKN.
Ke depannya, XL Axiata berkomitmen buat terus tingkatkan kapasitas serta infrastruktur jaringannya di IKN bersamaan dengan kenaikan jumlah penduduk serta kegiatan di kawasan tersebut.
” Kami bekerjasama dengan Otoritas IKN buat membenarkan jaringan kami bisa penuhi kebutuhan pelanggan, baik buat komunikasi ataupun kebutuhan yang lain,” tambah I Gede Darmayusa.
Di zona penyangga IKN, yang mencakup Kabupaten Kutai Kartanegara serta Penajam Paser Utara, XL Axiata sudah mempersiapkan dekat 500 BTS, sebagian besar ialah BTS 4G. Di daerah inti IKN, lebih dari 150 BTS sudah terpasang serta menjangkau 4 kecamatan utama.
Jaringan Fiber Optik
Tidak hanya pengembangan jaringan seluler, XL Axiata pula menguatkan jaringan fiber optiknya, yang siap menunjang layanan telekomunikasi serta internet kilat di IKN.
Salah satu proyek berarti merupakan operasional SKKL Batam- Serawak yang menghubungkan Malaysia serta Indonesia, yang sudah berjalan semenjak Juni 2022.
Infrastruktur ini dirancang buat tingkatkan mutu serta kecepatan koneksi internet, paling utama buat daerah Batam, Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.
Operasikan SKKL sampai Fiber Optik
Buat kota Balikpapan, XL Axiata mempunyai lebih dari 570 BTS dengan kebanyakan ialah BTS 4G, sedangkan di Kota Samarinda nyaris menggapai 600 BTS dengan kebanyakan ialah BTS 4G.
Sedangkan itu, jaringan fiber optik XL Axiata telah siap menunjang pemerintah buat menggelar layanan telekomunikasi serta internet kilat di IKN.
XL Axiata pula sudah mengoperasikan SKKL Batam- Serawak yang menghubungkan Malaysia- Indonesia lewat Entikong- Pontianak sepanjang 120 kilometer.
Infrastruktur ini hendak menguatkan koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi dengan kinerja serta latency yang lebih kilat serta bermutu. Infrastruktur ini telah beroperasi semenjak 1 Juni 2022.
Jaringan kabel optik ini pula jadi alternatif gateway international yang baru untuk Indonesia mengarah Kuching, Serawak, serta Hongkong, dan menaikkan keragaman serta keandalan koneksi ke sebagian POP/ HUB di Asia.
XL Axiata menyangka infrastruktur ini berarti buat dapat menanggulangi kenaikan trafik informasi di masa depan serta sediakan jaringan bermutu sehingga dapat membagikan layananan terbaik kepada pelanggan.
Tidak hanya fokus pada jaringan, XL Axiata pula membenarkan layanan pelanggan di IKN bisa diakses dengan gampang.
Pelanggan bisa memakai XL Center Online serta layanan digital yang lain buat memperoleh dorongan kapan saja, tercantum lewat gerai raga di Balikpapan serta Samarinda. Di zona IKN serta sekitarnya, ada ratusan mitra retail outlet yang siap melayani kebutuhan pelanggan.
XL Axiata pula mempersiapkan regu spesial buat menanggulangi layanan serta keluhan pelanggan lewat Call Center serta Digital Care Maya yang ada di aplikasi myXL serta AXISnet, dan lewat kanal digital yang lain semacam e- mail serta media sosial.