Viral Penumpang Berisik di Kereta 15 juli 2024
Viral Penumpang Berisik di Kereta 15 juli 2024
Liputan6. com, Jakarta- PT Kereta Api Indonesia( Persero) buka suara soal isu viral di media sosial, terpaut rombongan penumpang yang bersuara keras dikala memakai KA( 241) Sri Tanjung kedekatan Ketapang- Lempuyangan keberangkatan 12 Juli 2024, tepatnya di kereta ekonomi 6.
VP Public Relations KAI Anne Purba berkata, grupnya mengimbau kepada segala pelanggan buat silih menghormati serta menghargai antar sesama penumpang supaya ekspedisi kereta api senantiasa nyaman serta aman.
” Pelanggan dilarang bersuara keras di dalam kereta api, baik dikala berdialog langsung ataupun lewat telepon. Tidak hanya itu suara- suara keras dari perlengkapan eletronik semacam dikala mencermati musik, menyaksikan film, serta lain- lain pula tidak diperkenankan,” tegas Anne, Senin( 15/ 7/ 2024).
Terpaut insiden viral tersebut, dia mengabarkan, Kondektur serta Polsuska yang bertugas sudah sudah mengambil aksi dengan memanggil koordinator rombongan. Buat membagikan uraian dan arahan supaya tidak membuat kegaduhan di dalam kereta.” Sehabis itu, suasana kembali kondusif,” imbuhnya.
Anne pula berpesan kepada segala pelanggan kereta api buat senantiasa mematuhi ketentuan, melindungi kedisiplinan, dan melindungi sarana kereta api serta stasiun sebab layanan kereta api ialah sarana universal.
KAI mempersilakan penumpang yang hadapi ketidaknyamanan sepanjang perjalan buat menghubungi petugas Kondektur yang bertugas supaya lekas ditindaklanjuti. No hp petugas Kondektur tertera di tiap kabin kereta.
Penumpang pula bisa mengantarkan keluhan- keluhannya dengan menginfokan kode booking lewat pesan langsung( Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email cs@kai. id, WhatsApp 08111- 2111- 121, ataupun telepon di 121.
” Kami berharap seluruh pelanggan mematuhi ketentuan dikala memakai layanan kereta api, sehingga ekspedisi senantiasa aman serta mengasyikkan,” pungkas Anne.
KAI Angkut 218 Juta Penumpang pada Semester I- 2024, Ketepatan Waktu nyaris 100%
Lebih dahulu, PT Kereta Api Indonesia( Persero) mencatat volume penumpang KAI Group pada Semester I 2024 ialah sebanyak 218. 964. 010 pelanggan KAI.
Terdiri dari 22. 223. 702 pelanggan KA Jarak Jauh, 3. 511. 405 pelanggan KA lokal( dikelola KAI), 179. 101. 318 pelanggan KAI Commuter, 2. 709. 305 pelanggan KAI Lapangan terbang, 8. 685. 648 pelanggan LRT Jabodebek, serta 2. 665. 710 pelanggan Whoosh. Angka tersebut bertambah 22% dibandingkan Semester I 2023 sebanyak 179. 577. 935 pelanggan.
“ Kami sampaikan terima kasih kepada segala pelanggan atas kepercayaannya dalam memakai layanan kereta api. KAI Group berkomitmen buat terus tingkatkan mutu pelayanan, keamanan, serta kenyamanan ekspedisi lewat bermacam inovasi yang secara tidak berubah- ubah kami hadirkan,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba.
Kenaikan volume penumpang tersebut ditunjang oleh terdapatnya pemberlakuan Grafik Ekspedisi Kereta Api( Gapeka) baru mulai Juni 2023.
Pada Gapeka 2023 ini KAI mengoperasikan KA- KA baru ialah KA Argo Merbabu( Gambir– Semarang Tawang Bank Jateng pp), Argo Semeru( Gambir– Surabaya Gubeng pp), Pandalungan( Gambir– Jember pp), Manahan( Gambir– Solo Balapan pp), serta KA Lokal Banyubiru( Semarang Tawang Bank Jateng– Solo Balapan pp).
Di samping itu, pada Semester I 2023 masih berlaku persyaratan yang berkaitan dengan Covid- 19, dimana penumpang KA jarak jauh berumur 18 tahun ke atas harus vaksin booster, penumpang berumur 6- 17 tahun harus vaksin kedua. Ada pula penumpang KA lokal harus minimun vaksin dosis awal.
Kereta Api Sangat Banyak Peminat
Kereta api jarak jauh yang sangat banyak melayani penumpang sepanjang Semester I 2024 ialah:
KA Airlangga( Pasar Senen– Surabaya Pasarturi pp): 691. 702 penumpang
KA Serayu( Pasar Senen– Purwokerto pp): 647. 526 penumpang
KA Sancaka( Yogyakarta– Surabaya Gubeng pp): 638. 523 penumpang
KA Gadis Deli( Medan– Tanjung Balai pp): 603. 837 penumpang
KA Kaligung( Semarang Poncol– Cirebon Prujakan pp): 592. 750 penumpang.
Stasiun keberangkatan KA jarak jauh dengan penumpang paling banyak sepanjang Semester I 2024 ialah:
Pasar Senen: 2. 205. 387 penumpang
Gambir: 1. 503. 622 penumpang
Yogyakarta: 1. 397. 831 penumpang
Surabaya Gubeng: 877. 199 penumpang
Surabaya Pasarturi: 815. 844 penumpang
Ketepatan Waktu
Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan maupun kehadiran kereta api penumpang, pula hadapi kenaikan performa.
Pada Semester I 2024, tingkatan ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang menggapai 99, 76%, bertambah dibandingkan Semester I 2023 ialah 99, 57%. Ada pula tingkatan ketepatan waktu kehadiran kereta api penumpang pada Semester I 2024 menggapai 96, 80%, bertambah dibandingkan Semester I 2023 ialah 94, 26%.
Anne berkata, revisi performa ketepatan waktu kereta api ini diraih lewat kenaikan kualitas kinerja operasional secara totalitas tercantum perawatan fasilitas serta prasarana. Ketepatan waktu ialah salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang leluasa macet, sehingga diminati oleh para penumpang.
“ KAI hendak terus melaksanakan perbaikan- perbaikan di segala lini guna tingkatkan pelayanan untuk pelanggan dan keselamatan ekspedisi kereta api. Dengan upaya kenaikan mutu secara kontinyu ini, kami berharap kereta api bisa jadi opsi utama warga dalam melaksanakan ekspedisi,” ucap Anne.