Salah satu pesan instruksional pertama yang muncul di layar tempat debu adalah peringatan bahwa apa yang Anda katakan dalam dialog akan memengaruhi hubungan Anda dengan karakter lain, tetapi tidak ada “jawaban salah” yang bisa dipilih. Diperkenalkan sebagai pengalaman berbasis cerita yang dibentuk oleh pilihan Anda, tempat debu Ulangi rumus Telltale dengan membuat semua orang mengingat tindakan Anda. Namun, konsepnya melangkah lebih jauh, karena tindakan Anda juga memengaruhi perkembangan Anda dan karakter lain seiring waktu. Dikembangkan oleh Red Thread Games dan diterbitkan oleh Spotlight, cabang penerbitan Quantic Dream, hasilnya adalah sebuah kisah ambisius yang sering kali terjerat oleh keinginannya sendiri namun tidak pernah meninggalkan esensi tulusnya.
Kisah perjalanan dimulai dengan empat anak berusia 30 tahun yang melarikan diri setelah dirampok di dalam minivan. Misinya adalah melakukan perjalanan melalui versi realitas alternatif Amerika Serikat, yang pada akhirnya mengirimkan paket yang dicuri ke Nova Scotia, Kanada. Hambatan terbesar Anda adalah menghindari pengawasan Organisasi Keadilan, sebuah rezim fasis yang secara khusus berkepentingan untuk menganiaya orang-orang yang menyimpang. Orang-orang ini dapat mengucapkan kata-kata tertentu untuk memanggil kekuatan khusus setelah peristiwa misterius yang terjadi beberapa dekade lalu. Seperti yang mungkin sudah Anda duga sekarang, keempat orang di dalam van itu adalah orang-orang aneh, termasuk tokoh protagonis Parks.
Dalam upaya untuk masuk ke Nova Scotia tanpa terdeteksi, band ini memainkan band punk rock, meskipun kemampuan musik mereka agak loyo. Memanfaatkan ID palsu dan izin kerja palsu, perjalanan ditentukan oleh pertunjukan, yang Anda mainkan melalui mini-game standar bergaya Guitar Hero. Saat Anda tidak berada di atas panggung, Anda akan berhenti di berbagai lokasi untuk terhubung dengan anggota Perlawanan, beristirahat di tempat perkemahan untuk berlatih dan mengenal karakter, atau menulis lagu baru.
Gambar: Permainan Benang Merah/Sorotan oleh Quantic Dream
Butuh waktu 20 jam untuk menonton kredit akhir. tempat debuCeritanya mengambil selusin putaran berbeda. Pada awalnya, saya mengira hal itu akan terjadi dengan cara yang sama hidup ini anehmenunjukkan orang-orang dengan kemampuan supernatural dalam gambaran dasar realitas kita. tempat debu Hal ini terjadi sampai batas tertentu, namun pada akhirnya cenderung lebih condong ke arah fiksi.
Amerika alternatif ini ditentukan oleh pembunuhan Jackie Kennedy dan peristiwa-peristiwa yang terjadi setelahnya, termasuk munculnya anomali tersebut. Permainan ini berlangsung pada tahun 2030, di mana robot sudah ada, dan selalu ada komentar tentang betapa buruknya mengandalkan mereka (robot lepas kendali dan mencuri kendaraan Anda, masalah server hampir menyebabkan kematian seorang mekanik) terjebak di bawah bus, dll).
Gambar: Permainan Benang Merah/Sorotan oleh Quantic Dream
Dunia dan kekacauan di dalamnya terus berkembang seiring dengan setiap lokasi baru yang Anda kunjungi. Keadilan bukanlah satu-satunya musuh; ada juga kaum Puritan, sekelompok fanatik yang terobsesi dengan teknologi yang paketnya Anda curi, dan entitas lain yang muncul kemudian dalam cerita. Kisah game ini juga menyentuh asal muasal anomali tersebut – penjelasan panjang lebar tentang penggunaan bahasa yang mirip dengan yang terdengar di Skull Face. Metal Gear Solid 5: Rasa Sakit Phantom – ditambah kilas balik ke masa kecil Parks, hubungan masa lalunya dengan beberapa kru, rangkaian pertempuran, dan banyak lagi di wilayah spoiler. Ceritanya selalu mencoba untuk memberikan jaring yang lebih luas, dan dalam prosesnya beberapa pemeran utama merasa paling terbelakang dan paling buruk dipaksakan.
Salah satu fitur hebat dari game ini adalah penekanannya pada perspektif berbeda. tidak peduli dengan siapa Anda berbicara tempat debuAnda dapat dengan bebas memilih perspektif kamera. Setiap percakapan dimulai pada sudut yang telah ditentukan, namun Anda dapat menggerakkan kamera di sekitar adegan, mengikuti jalur yang tidak terlihat hingga berhenti di tempat lain, menciptakan sudut pandang lain.
Terkadang pengambilan gambar dimulai di lokasi yang memperlihatkan dua karakter sedang melakukan percakapan intim di bangku, sementara yang lain duduk mengelilingi api unggun sebagai latar belakang. Putar dan pemandangan beralih ke hanya mereka berdua yang menatap cahaya bulan yang menyinari laut. Pada saat-saat menegangkan dalam cerita, sudut kamera bisa menjadi peluang untuk membangun kembali kepercayaan kelompok yang retak karena pengkhianatan, dengan semua orang berada dalam bingkainya. Atau Anda dapat mengubah sudut untuk menekankan perpecahan tersebut, dengan pelakunya diisolasi di satu sisi layar sementara orang lain mendengarkan mereka menyatakan kasusnya.
Inti dari semuanya adalah penulisan karakter dan kekuatan suara spesifik mereka (bernama Vox) yang membuat saya terus berinvestasi. Sejak awal, sungguh menyegarkan melihat beragam pemeran yang sebagian besar mengabaikan stereotip media, termasuk karakter yang bisa menjadi pemarah, kacau, dan bahagia dengan caranya sendiri.
Gambar: Permainan Benang Merah/Sorotan oleh Quantic Dream
Meskipun saya tidak bisa berbicara secara otoritatif tentang latar belakang setiap karakter yang digambarkan dalam buku tersebut tempat debusaya sangat terkejut dengan Theo. Karena dia orang Meksiko, saya siap mendengarkan sindiran Jackie Wells dalam bahasa Spanyol terus-menerus. Siberpunk 2077 atau karakter di Jauh Menangis 6. Tentu saja bahasa Spanglish bukanlah hal yang aneh, tetapi sebagai sesama warga Amerika Latin, sangat menyenangkan melihat Theo mengikuti aturan praktis: Ketika Anda dikelilingi oleh penutur bahasa Inggris, Anda harus tetap menggunakan bahasa Inggris agar dapat dipahami. Hanya pada saat-saat yang mengejutkan, Theo berbicara sepatah kata pun dalam bahasa Spanyol, dan baru kemudian ketika dia menelepon kerabatnya. Dari sudut pandang Parks, jika Anda memilih untuk menguping, subtitle akan menampilkan dialog dalam bahasa Spanyol, dengan gelembung pemikiran Parks “menerjemahkan” sebagian besar dialog tersebut. Aku senang aku tidak perlu menyaksikan yang lain”[ominous mumbling in Spanish]”Judul.
Kepedulian tim pengembangan terhadap setiap karakter sangat nyata, dan begitu saya melihat bagaimana tindakan dan dialog yang berbeda membentuk arketipe karakter mereka, saya menjadi penting untuk berbicara dengan mereka setiap ada kesempatan. Misalnya, Theo mungkin tetap pada perannya sebagai pemimpin tim atau dia bisa perlahan-lahan membuka diri dan menjadi lebih terlibat dengan tim, namun hal ini akan mengurangi ketidakberpihakan. Namun, fitur ini bukannya tanpa cela – meskipun tindakan Anda memiliki bobot, beberapa alur cerita yang telah ditetapkan terasa mengganggu, dan tidak selalu dalam cara terbaik.
Dalam satu contoh, karakter meninggalkan grup setelah kata-kata kasar, meskipun malam sebelumnya kami berbicara tentang seberapa besar hubungan mereka dengan Parks telah meningkat. Lebih sering daripada tidak, tangan saya terpaksa menggunakan komunikator Parks dengan kru, seperti untuk menindas atau menghentikan sementara mereka berbicara, meskipun ada kesepakatan yang jelas di antara karakter bahwa hal itu bersifat invasif. Momen-momen ini tidak sepenuhnya membingungkan perasaan saya tentang agensi pemain—bagaimanapun juga, cerita membutuhkan struktur—tetapi momen-momen ini menghilangkan beban dari beberapa tindakan saya sebelumnya.
Ada beberapa cara untuk melakukan ini tempat debu Menantang konvensinya sendiri, seperti meminta karakter lain menggunakan Vox mereka dengan Pax dan Anda tidak punya cara untuk menghentikannya. Yang paling menonjol bagi saya adalah hadirnya opsi dialog dalam waktu terbatas. Semakin sering Anda mendengarkan percakapan tertentu, semakin banyak opsi yang muncul seiring berjalannya waktu. Sedangkan yang lama habis masa berlakunya. Hal ini membuat saya merenungkan pentingnya mengetahui kapan harus menyela seseorang dan kapan harus diam dan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain, memungkinkan mereka untuk melampiaskan emosi setelah peristiwa yang membuat stres.
Gambar: Permainan Benang Merah/Sorotan oleh Quantic Dream
Di tengah cerita, ada percakapan dengan kelompok di mana Anda diberi tahu berapa kali Anda mendengarkan orang lain berbicara, dan dampak dari tindakan Anda yang tampaknya kecil. Lagi pula, sepanjang permainan, gerakan kecil bisa mengubah cara sebuah adegan terungkap. Sangat menyenangkan melihat makan malam para karakter berakhir terbakar saat saya membantu robot yang bertanggung jawab memilih topi sementara mereka mengetahui identitas mereka. Saya berhasil memulihkan hubungan Parks dengan anggota keluarga, tetapi mereka pada akhirnya mengandalkan arketipe idealis mereka sendiri dan menempuh jalan mereka sendiri. Meskipun saya tahu mereka pada akhirnya akan berpisah dengan Pax, saya memilih untuk mendukung keputusan tersebut, dan rasanya menyenangkan memiliki pilihan itu.
Klimaks terbesar dari keputusan Anda terjadi di akhir, ketika Anda tidak diminta untuk “memilih akhir cerita”. Sebaliknya, pesan di layar menunjukkan bahwa pilihan dan tindakan Anda telah menunjukkan bagaimana cerita tersebut akan berakhir. Anda dapat mengamati keputusan Parks tanpa keterlibatan Anda, dan siapa yang memutuskan untuk tetap bersamanya pada apa yang akan terjadi selanjutnya.
Hingga tempat debu Bersandar pada latar fiksi ilmiah, cerita ini diceritakan dari sudut pandang yang sangat mirip dengan kenyataan. Ada yang mengacu pada lelucon seperti “Suamiku dan aku melihatmu di seberang bar” dan referensi ke pidato “virus yang terbangun” dan betapa bodohnya mereka. Salah satu Vox Pax bahkan mengizinkannya untuk “membatalkan” seseorang – yang sedikit mengganggu mengingat kontras di antara keduanya. tempat debuKarakter aneh dan BIPOC dari Quantic Dream menentang tanggapan misoginis dan homofobik Quantic Dream terhadap tuntutan hukum yang menuduh studio tersebut sebagai tempat kerja yang beracun.
keseluruhan, tempat debu Sama berantakan dan tidak sempurnanya dengan karakter yang Anda temui. Alur ceritanya bisa mengganggu, dengan banyak alur cerita yang belum terselesaikan. Namun masuk akal jika Anda tidak mempunyai pendapat tentang segala hal dan hanya berdampak besar pada orang-orang di sekitar Anda. tempat debu Sebuah pengingat bahwa tindakan yang tampaknya tidak berbahaya mungkin tidak selalu mempunyai konsekuensi nyata, namun tindakan tersebut selalu membentuk siapa kita dan bagaimana kita berhubungan dengan orang lain. Dalam permainan berbasis keputusan, pilihan yang paling memuaskan tidak melibatkan jawaban yang benar—melainkan tentang mendapatkan perspektif yang berbeda.
tempat debu Dirilis 20 Agustus di PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X. Vox Media memiliki kemitraan afiliasi. Ini tidak mempengaruhi konten editorial, meskipun Vox Media dapat memperoleh komisi atas produk yang dibeli melalui tautan afiliasi. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang kebijakan etika Polygon di sini.